Hit Enter to search or Esc key to close
Blog thumbnail

Candi Ratu Boko Yogyakarta: Lokasi, Harga Tiket Masuk dan Cara Menuju Ke Sana

Candi Ratu Boko Yogyakarta: Lokasi, Harga Tiket Masuk dan Cara Menuju Ke Sana

Blog thumbnail
No ratings yet.
Keindahan Sunset di Candi Ratu Boko Yogyakarta
Sumber: http://lembayungsenja.id

Salah satu tempat wisata yang gak boleh kamu lewatkan kalau berkunjung ke Jogja adalah Candi Ratu Boko. Meski terkenal dengan nama Candi Ratu Boko Yogyakarta dan bentuknya yang juga layaknya candi. Namun sebenarnya Ratu Boko adalah kompleks istana yang luas. Untuk mengelilingi kompleks ini kamu perlu tenaga lebih loh dan jangan lupa gunakan sepatu dan pakaian yang nyaman untuk jalan-jalan di sini.

Ratu Boko atau Keraton Ratu Boko ini merupakan sebuah situs peninggalan bersejarah campuran dinasti Hindu dan Budha. Reruntuhan yang tersisa kini menyerupai candi. Letaknya tidak jauh dari Candi Prambanan, yakni hanya sekitar 3 km. Di sekitarnya juga terdapat beberapa candi Hindu lainnya seperti Candi Kalasan, Candi Sewu, Candi Plaosan, Candi Sambisari dan lainnya.

Di dalam area Ratu Boko ini, kamu bisa menikmati banyak situs peninggalan sejarah. Mulai dari masuk di kawasan Ratu Boko, terdapat 2 gerbang yang harus kamu lalui yakni gerbang luar yang berukuran kecil dan gerbang dalam yang besar dan merupakan gerbang utama Candi Ratu Boko. Gapura luar terdiri dari 3 gapura paduraksa yang berjajar. Sedangkan gapura dalam atau gapura utama terdiri dari 5 gapura paduraksa.

Di sebelah timur area candi terdapat Candi Batu Kapur / Batu Putih. Candi ini berupa sebuah pondasi terbuat dari batu kapur berukuran sekitar 5×5 meter.

Layaknya istana, di sini juga terdapat bekas Keputren (Kolam Pemandian). Bangunan ini berupa persegi yang terbuat dari batu setinggi 2 meter dengan luas 8 meter x 31 meter. Dalam bangunan ini, kamu bisa melihat 2 buah kolam persegi dan 1 buah kolam lebih besar yang berbentuk bujur sangkar. Di sebelah bengunan ini juga terdapat 8 kolam lain berbentuk bundar yang masing-masing berjajar 3 buah. Bangunan ini dipercaya sebagai tempat pemandian bagi raja dan juga bagi para wanita pada zaman dahulu.

Dalam area Candi Ratu Boko Yogyakarta ini juga terdapat Candi Pembakaran. Candi ini merupakan reruntuhan bangunan layaknya bangunan berundak dengan tinggi 3 meter dengan 2 teras. Teras di bagian atas berupa persegi dengan sebuah lubang kotak berukuran 4×4 meter di bagian tengahnya. Lubang ini dipercaya bahwa pada zaman dahulu dipakai untuk tempat pembakaran mayat. Di sebelah tenggara candi ini juga terdapat sumur untuk air suci.

Bangunan lainnya yang bisa kamu nikmati sekaligus jadikan latar berfoto yakni Paseban (Tempat menghadap raja). Bangunan ini terletak sekitar 45m dari selatan gapura. Bangunan ini berupa teras dengan ukuran tinggi 1,5 meter, dengan lebar 7 meter, dan panjang 38 meter. Di atas teras ini terdapat sekitar 20 umpak atau tumpukan batu yang diduga merupakan pondasi untuk tiang dan atap bangunan.

Layaknya tempat tinggal, Ratu Boko juga memiliki Pendopo (Ruang Tamu). Reruntuhan ini terletak pada bagian selatan gapura Candi Boko. Bangunan ini berbentuk dari dinding setinggi 3 meter terbuat dari batuan andesit dengan ukuran sekitar 40x30m. Terakhir, kamu juga bisa memasuki Goa Lanang dan Goa Wadon. Goa ini berupa 2 buah bangunan berupa lubang dari batu berbentuk persegi.

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko Yogyakarta

Dewasa: Rp 40.000,-

Anak-anak: Rp 20.000,-

Wisatawan asing: $25

Lokasi Candi Ratu Boko Yogyakarta

Jl. Raya Piyungan – Prambanan No.KM.2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Google Maps: https://www.google.com/maps/place/Ratu+Boko/@-7.7837306,110.3585393,12z/data=!4m8!1m2!2m1!1scandi+ratu+boko!3m4!1s0x0:0x153f44f14476f95b!8m2!3d-7.7705469!4d110.4894161

Jam Operasional Candi Ratu Boko Yogyakarta

Setiap hari, pukul 06.00 – 18.00 WIB

Cara Menuju Candi Ratu Boko Yogyakarta

Dari Stasiun Tugu menggunakan kendaraan umum

Jarak Stasiun Tugu Jogja menuju Istana Ratu Boko sekitar 18km. Dari stasiun, kamu dapat berjalan menuju halte Trans Jogja Malioboro 1, kemudian naik bus dengan rute 1A jurusan Prambanan. Dari halte terakhir, kamu bisa naik ojek dengan harga berkisar Rp 20.000.

Dari Stasiun Lempuyangan

Dari Stasiun Lempuyangan kamu bisa naik bus Trans Jogja dari halte Fly over Lempuyangan rute 4A. Kemudian turun di Halte Prambanan, dari situ kamu bisa menggunakan ojek online.

Dari Bandara Adisucipto

Kamu harus berjalan terlebih darhulu ke halte Maguwo, kemudian naik Trans Jogja dengan rute ke arah timur menuju Prambanan. Sama seperti cara di atas, sesampainya di Halte Prambanan, kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan jasa ojek online.

Menggunakan Kendaraan Pribadi

Patokan tempat ini  adalah candi Prambanan. Dari jalan raya utama, situs Ratu Boko terletak di seberang Candi Prambanan dan masih harus melakukan perjalanan kurang lebih 3 km melalui jalan Piyungan.

Please rate this

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Halo, Ada yang bisa kami bantu?
Powered by