Hit Enter to search or Esc key to close
8 Misteri Pulau Kelor

8 Misteri Pulau Kelor di Kepulauan Seribu yang tak pernah diketahui Netizen

8 Misteri Pulau Kelor di Kepulauan Seribu yang tak pernah diketahui Netizen

8 Misteri Pulau Kelor , ,
5/5 (1)

8 Misteri Pulau Kelor di Kepulauan Seribu yang tak pernah diketahui Netizen

Halo Anak Liburan….
Pulau Kelor merupakan pulau kecil di Teluk Utara Jakarta atau tepatnya berada di wilayah administrasi Kepulauan Seribu, pulau kecil yang namanya diambil dari nama daun kelor ini, merupakan pulau favorit wisatawan ketika ikut Open Trip Pulau, Kelor Cipir, Onrust. Selain karena pantainya yang landai dan berpasir putih, pulau ini juga sangat ikonik karena keberadaan Benteng Martello yang sangat Instagenik ketika menjadi latar belakan foto.

Nah sekarang Mimin mau coba ulah sedikit misteri yang ada di Pulau Kelor, Cekidoottt!
  1. Diperkirakan Tenggelam

8 Misteri Pulau Kelor

Pulau Kelor diprediksi akan tenggelam dalam 40 tahun mendatang. Pada tahun 1980 luas pulau ini satu setengah hektar namun pada saat ini yang tersisa hanya tinggal satu hektar saja. Pemanasan global dan abrasi menjadi diperkirakan menjadi penyebab utama dari terkikisnya luas pulau ini.

  1. Kerkhof (pemakaman)
8 Misteri Pulau Kelor
Ilustrasi, sumber: detik.com

Pulau Kelor adalah pulau yang menyimpan sejarah kelam. Dahulu pulau ini memiliki nama Kerkhof yang artinya adalah kuburan atau pemakaman. Menurut cerita yang beredar Pulau Kelor dahulunyanya memang merupakan lokasi eksekusi bagi para tahanan Belanda yang kemudian mereka dikuburkan disini, namun anehnya tidak satu pun ditemukan kuburan atau batu nisan di Pulau ini.

  1. Punya kembaran di Corsica
8 Misteri Pulau Kelor
Benteng Martello Corsica

Benteng Martello yang ada di Pulau Kelor Kepulauan Seribu ternyata bukanlah satu-satunya benteng yang bernama Martello, ternyata Benteng ini punya saudara kembar yang berada di Corsica, Laut Tengah.

  1. Nama aslinya adalah Mortella

Benteng Mortella atau Myrtle Point di Corsica dirancang oleh Giovan Giacomo Paleari Fratino, dan selesai di bangun pada tahun 1565. Giovan Giacomo Paleari Fratino sendiri adalah seorang insinyur militer yang melayani Kaisar Spanyol Charles V , dan kemudian putranya Philip II dari Spanyol. Ia dikenal karena telah merancang menara Martello pertama serta banyak benteng lainnya. Nama Martello sendiri berasal dari lokasi menara di Mortella (Myrtle) Point di pulau itu. Nama aslinya adalah Mortella seringkali salah diucapkan menjadi Martello (yang berarti “Palu” dalam bahasa Italia).

Berikutnyaa…
  1. Benteng Martello tersebar di seluruh dunia

8 Misteri Pulau Kelor

Benteng Martello di Pulau Kelor dan Benteng Mortella di Corsica merupakan salah satu dari banyak benteng Martello yang tersebar diseluruh dunia selain itu juga ada benteng Martello yang terletak di Pulau Bermuda tepatnya terletak di Ferry Reach di Paroki St George. (sumber)

Benteng Martello, banyak dibangun oleh Inggris di berbagai daerah jajahan Mereka, Inggris terpukau dengan sistem pertahanan benteng ini, kemudian menjiplaknya.

Diantara wilayah-wilayah yang didrikan Benteng Martello yaitu; Australia, Bermuda, Barbuda, Kepulauan Virgin Inggris, Kanada, Kroasia, India, Irlandia, Italia, Jamaika, Liberia, Malta, Mauritius, Sierra Leone, Afsel, Srilanka, Trinidad & Tobago, Amerika Serikat. 

  1. Sebagai Pertahanan Laut Batavia

Benteng Martello di Pulau Kelor dibangun Belanda pada tahun 1850 sebagai bagian sistem pertahanan laut kota Batavia. Berfungsi sebagai menara pengintai sekaligus pertahanan pertama untuk menahan serangan Inggris, Portugis, Spanyol dan bahkan Perompak yang akan memasuki wilayah Teluk Jakarta. Dari lubang-lubang nya yang besar itu meriam-meriam Belanda bisa diputar 360 derajat dan memuntahkan peluru ke kapal-kapal musuh yang akan menyerang Batavia pada abad ke-17.

  1. Letusan Krakatau 1883

Sebagian besar dari bangunan Benteng telah runtuh dan rusak oleh letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883, abrasi air laut, dan gempa Jakarta pada tahun 1966. Sementara Benteng yang berdiri sekarang merupakan sisa dari Benteng aslinya yang sebenarnya jauh lebih luas.

  1. Bata Merah nya dari Tanggerang dan Plered

Benteng Martello sendiri terbuat dari batu bata merah, yang diyakini punya kualitas dan ketahanan yang bagus. Bata merah yang menjadi bahan pembangunan Benteng Martello didatangkan dari daerah Tangerang Banten dan Pleret, Purwakarta (sumber).

Setiap minggu hampir puluhan bahkan ratusan wisatawan berkunjung ke Pulau ini untuk melihat keindahan Pulau Kelor dan Benteng Martello. Keberangkatan ke Pulau Kelor dapat ditempuh dari Dermaga Kamal Muara. Tidak perlu takut untuk ke Pulau ini, selain karena sudah ada petugas yang terus berjaga setiap hari, sekarang Pulau Kelor juga telah menjadi salah satu destinasi kunjungan wisata favorit di Kepulauan Seribu. Adapun semua kisah tentang Pulau Kelor dapat kita jadikan pelajaran dan monument tentang sejarah perjuangan Bangsa.

Demikian ulasan dari Mimin, kalo ada tambahan atau koreksi, boleh komen di kolom komentar dibawah ya…

Please rate this

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
id_IDIndonesian en_USEnglish