Hit Enter to search or Esc key to close
Blog thumbnail

7 Kuliner Legendaris Malang ini Berusia Puluhan Tahun

7 Kuliner Legendaris Malang ini Berusia Puluhan Tahun

Blog thumbnail
No ratings yet.

Halo sobat liburan sekolah! Ada rencana jalan-jalan ke Malang tahun ini? Selain terkenal dengan wisatanya yang beragam dan juga cuacanya yang sejuk, tentunya Malang juga terkenal dengan ragam kulinernya yang memanjakan lidah. Bakwan Malang misalnya menjadi salah satu ikon makanan khas dari kota ini. Eits padahal selain bakwan Malang, terdapat banyak tempat makan legendaris yang sudah berdiri dari puluhan tahun lamanya di kota ini. Rasa yang khas dan otentik bisa jadi alasan restoran ini terus bertahan di tengah gempuran banyaknya tempat makan baru lainnya. Berikut 7 rekomendasi kuliner legendaris khas Malang yang bisa kamu coba:

1. Soto Ayam Lombok

Kuliner legendaris Malang, Soto Ayam Lombok
Sumber: http://travel.radarmalang.id

Saat mendengar nama soto ini kamu bisa saja langsung membayangkan rasa soto yang pedas. Tetapi jangan salah, kata lombok di sini bukan berarti cabai seperti pada bahasa Jawa. Nama ini melekat karena lokasi warung soto ini pertama kali dibuka terletak di jalan Lombok. Warung ini menjadi salah satu kuliner legendaris Malang, karena sudah berdiri sejak tahun 1955. Isian soto ini cukup berbeda dari soto yang lain. Semangkuk soto Lombok terdiri dari telur rebus, irisan kol, tauge, kentang, dan daging ayam kampung. Kuahnya cukup kental dengan taburan koyah yang semakin menambah sedap rasanya. Kamu harus coba!

Harga per porsi: Rp 25.000

Lokasi: Jl. Lombok No.1, Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65117

Waktu operasional: Setiap hari, 07.30 – 12.30 WIB

2. Pos Ketan Legenda

Kuliner legendaris Malang, ketan berbagai toping
Sumber: http://dok.detikfood.com

Makanan bertekstur lengket dengan rasa yang gurih ini disajikan dengan beragam pilihan toping di Pos Ketan Legenda ini. Tempat makan ini sekaligus menjadi salah satu kuliner ikonik di Batu, Jawa Timur. Nama pos sendiri diambil karena pada awalnya ketan ini dijual di depan Kantor Pos. Penjual pertamanya bernama Nenek Supri yang mulai berjualan ketan sejak 1967 bersama suaminya. Lebih dari setengah abad berdiri, warung ini tetap bertahan dengan kualitas ketannya yang gurih dan legit. Coba ketan dengan sensasi berbeda di sini!

Harga per porsi: Mulai Rp 8.000

Lokasi: Alun-Alun Kota Wisata Batu, Jl. Kartini No. 6, Ngaglik, Batu.

Waktu operasional: Setiap hari, 10.00 – 02.00 WIB

3. Puthu Lanang

Puthu Lanang, salah satu kuliner legendaris Malang
Sumber: http://mocomalang.id

Pernah dengar kue bernama puthu? Itu loh yang biasa dijajakan sambil berkeliling dengan suara khas dari corong kukusnya. Puthu sendiri dibuat bahan dasar tepung beras, parutan kelapa dan gula merah. Malang memiliki warung jajanan puthu yang menjadi kuliner legendaris Malang karena sudah berdiri sejak tahun 1935. Selain menjual jajanan utama berupa kue puthu, di sini juga terdapat jajanan lain seperti klepon, lupis dan cenil. Brand puthu lanang ini sudah dipatenkan loh. Jadi pastikan kamu coba di tempat aslinya ya, bukan tiruannya.

Harga per porsi: Mulai Rp 10.000/porsi

Lokasi: Jl. Jaksa Agung Suprapto, Gang Buntu RT 03, Samaan, Klojen, Malang.

Waktu operasional: Selasa-Minggu, 17.30 – 21.30

4. Depot Hok Lay

Sumber: http://samkuliner.com

Cwie Mie khas Depot Hok Lay ini diramu oleh generasi terdahulu dan resepnya tetap terjaga hingga hari ini. Seporsinya terdiri dari mie yang ditaburi daging ayam cincang, daun bawang, serta pangsit goreng. Mie tersebut diasjikan dengan kuah bening. Rasanya cenderung gurih dan segar. Selain Cwie Mie, Depot Hok Lay juga terkenal dengan minuman khasnya yang bernama fosco. Minuman ini terbuat dari cokelat yang dicampur dengan susu full krim murni ini sama sekali nggak mengandung soda. Uniknya minuman ini disajikan dalam botol cola meski tidak mengandung soda. Depot Hoklay ini sudah berdiri sejak 1946 loh. Setahun setelah kemerdekaan Indonesia. Lama juga yaa.

Harga per porsi: Cwimie, Rp15.000 | Es Fosco, Rp10.000

Lokasi: Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 10, Klojen, Kota Malang

Waktu operasional: 05.00 – 20.30 WIB (Selasa), 09.00-13.30 dan 17.00-20.30 WIB (Senin, Rabu-Minggu)

5. Ronde Titoni

Sumber: http://instagram.com/piringkoper

Berdiri sejak 1948, warung yang satu ini baru beroperasi di sore menjelang malam hari. Menu andalan di sini tentu saja adalah wedang rondenya. Macam ronde di sini ada dua jenis yakni ronde basah dan ronde kering. Jika ronde basah disajikan dengan menggunakan kuah, sedangkan ronde kering berupa bulatan tepung berasnya dipadu atau dilumuri dengan bubuk kacang. Meskipun rondenya sama, tetapi cita rasa yang ditawarkan ternyata berbeda. Selain ronde, terdapat makanan pendamping lainnya seperti cakwe hingga roti goreng.

Harga per porsi: Rp4.000 – Rp12.000

Lokasi: Jln. Zainul Arifin No. 17, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang

Waktu operasional: Senin – Sabtu, 18.00 – 00.00

6. Sego Resek

Sumber: http://media.travelingyuk.com

Makanan yang awalnya dijajakan oleh Tukiman di dekat pembuangan sampah ini berdiri sejak 1959. Meski terkesan jorok, makanan yang satu ini tidak pernah sepi peminat. Sego atau Nasi Resek ini mirip dengan nasi goreng. Banyak bahan dicampur menjadi satu yakni nasi, mie, suwiran ayam, toge dan irisan kol. Uniknya, nasi di sini diolah menggunakan kaldu ayam. Memasaknya pun masih menggunakan arang. Sehingga rasa yang ditawarkan begitu meresap ke dalam karena proses memasak yang cukup lama.

Harga per porsi: Mulai Rp 8.000

Lokasi: Jl. Brigjen Katamso No. 4, Kauman, Klojen, Kota Malang

Waktu operasional: Setiap hari, 18.00 – 22.00

7. Toko Oen

Sumber: http://idntimes.com

Toko Oen merupakan bangunan yang sudah ada sejak tahun 1930. Berdiri sebelum Indonesia merdeka, toko ini didirikan oleh keluarga pengusaha Tionghoa keturunan Belanda bernama Liem Goe Nio. Nuansa klasik dan vintage akan kamu rasakan jika berkunjung ke sini. Pada bagian depan kamu akan disambut dengan deretan etalase berisikan roti, kue basah, dan aneka kue kering. Selain pastry, toko ini juga terkenal dengan es krimnya yang old fashioned. Teksturnya tidak selembut es krim saat ini, karena dibuat dengan home made. Edgy sekali ya.

Harga per porsi: Makanan, Rp30.000 – Rp85.000 | Es krim, 25.000 – Rp60.000

Lokasi: Jl. Jendral Basuki Rahmat No. 5, Kauman, Klojen, Kota Malang 65119.

Waktu operasional: Setiap hari, 08.00 – 21.30

Berikut 7 rekomendasi kuliner legendaris Malang yang bisa jadi destinasi wisata kuliner kamu. Bertahun-tahun berdiri hingga saat ini, tentunya ada kualitas yang tetap dijaga hingga kini. Silakan coba sendiri.

Ⓒcelotehanna

Please rate this

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Halo, Ada yang bisa kami bantu?
Powered by