Hit Enter to search or Esc key to close
5 Destinasi Wisata Sehari Jakarta

5 Destinasi wisata sehari Jakarta anti mainstream

5 Destinasi wisata sehari Jakarta anti mainstream

5 Destinasi Wisata Sehari Jakarta
5/5 (1)

5 Destinasi wisata sehari Jakarta anti mainstream

1. Mancing di Pulau Kelor

Pulau Kelor, merupakan pulau kecil di Utara Jakarta, pulau yang menyimpan banyak sejarah ini menjadi saksi bisu perjuangan Bangsa Indonesia dalam melawan penjajah. Benteng Martello di Pulau Kelor merupakan salah satu Benteng pertahanan yang sampai sekarang masih bertahan di Pulau Kelor.

Pulau kecil ini dapat ditempuh dari Dermaga Kamal Muara di penjaringan, Jakarta Utara, yaitu sebuah dermaga kecil yang dikelola oleh nelayan setempat. Lama perjalanan menuju pulau ini berkisar antara 40-50 menit menggunakan kapal kayu yang biasa disewa pada nelayan setempat, atau jika ingin lebih gampang bisa juga ikut open trip yang biasanya diadakan oleh travel lokal. 

Salah satu aktifitas yang bisa dilakukan di Pulau Kelor adalah memancing, biasanya, setiap weekend Pulau Kelor cukup ramai dikunjungi oleh para pemancing, sebagian dari mereka ada yang menginap atau ada juga yang sekalian rekreasi bersama keluarga, biasanya mereka menempati saung-saung yang telah disediakan disana, nanti setelah dapat ikan lalu akan dibakar untuk dijadikan menu makanan.

2. Wisata Kopi di Cipete

Cipete merupakan salah satu pusat coffee shop paling banyak di Jakarta, lebih dari 50an coffee shop berada dikawasan ini, sebut saja seperti coffee shop yang lagi hits dengan kopi susu nya TUKU, lalu ada Dua Coffee, Kopi Mertua, Teduh Coffee, Toodz House Cafe, Kekope, bagi yang suka kopi coklat bisa mencoba Sukotjo, buat anak kopi pecinta arabika bisa mampir di Jakarta Coffee House, dan jika ingin ngopi sambil bersantai di kebun coba mampir ke Twin House dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagi pecinta kopi, rasanya mengunjungi Cipete merupakan hal wajib, disini kita akan dimanjakan dengan beragam varian jenis kopi, selain itu tentu saja desain tempatnya yang kece dan instagramable banget, soo bingung libur kemana, ke Cipete aja.

3. Nonton Kesenian Betawi di Setu Babakan

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan berada di Srengseng Sawah, Jagakarsa. Jakarta Selatan ini memang dikenal masih bertahan memegang teguh budaya betawi, banyak hal bisa kita nikmati disini seperti acara kesenian, adat istiadat, religi, kuliner, dan arsitektur. 

Beberapa atraksi budaya Betawi juga bisa kita saksikan pada momen tertentu seperti latihan silat, tari betawi, membatik, membuat kerak telor, dan menyaksikan pagelaran kesenian Betawi lain yang unik.

Banyak arena yang bisa kita kunjungi disini mulai dari panggung pertunjukkan, museum Betawi, rumah adat Betawi, sampai galeri yang menjual khusus pernak-pernik khas Betawi.

Perkampungan Budaya Betawi ini paling ramai dikunjungi saat akhir pekan. Atraksi-atraksi kebudayaan seperti balas pantun, lenong, upacara pernikahan palang pintu, pencak silat, sampai tari topeng bisa langsung kita saksikan.

4. Alive Museum Jakarta

Museum ini merupakan cabang dari Alive Museum Korea yang sebelumnya sudah ada di beberapa negara lainnya seperti Korea, Singapura, Thailand, Vietnam, Cina dan Istambul. Alive Museum Ancol menawarkan karya seni lukis dan teknologi digital dalam bentuk 3D. Pengunjung dapat merasakan sensasi dari semua indra melalui tampilan ilusi optik dan media seni yang dibangun dengan menggabungkan berbagai kegiatan interaksi yang mampu membuat pengunjung merasakan langsung pengalaman spesial yang unik. 

Lukisan-lukisan yang terdapat di sini dibuat dan dibawa langsung dari Korea. Buat kamu yang doyan selfie, di Alive Museum ini juga ada ruangan kaca dengan langit-langit yang didekor lampu-lampu.

Bedanya dengan trick art museum lainnya, di Alive Museum ini ada lukisan 3D Monas, landmark kota Jakarta. Di dalam Alive Museum terdapat beberapa zona bermain dengan thema fantasi, dark road, horror, ekstrim, sirkus dan travel.

5 Destinasi wisata sehari Jakarta anti mainstream

5. Allianz Ecopark Ancol

Allianz Ecopark memiliki luas lahan hampir 34 hektar merupakan kawasan hasil dari mengalihfungsikan Padang Golf Ancol. Menjadi sebuah sarana rekreasi terbaru yang menawarkan nilai-nilai edukasi (edutainment) dan petualangan (adventure) dengan pendekatan green lifestyle. menjadi ruang terbuka bagi pengunjung Ancol Taman Impian untuk mengeksplorasi pengetahuan botani dan rekreasi luar ruang.

Tempat ini terbagi menjadi beberapa kawasan (zona) dengan fungsi dan fasilitas yang berbeda. Yaitu Eco Care, Eco Nature, Eco Art, dan Eco Energy. Pada keseluruhan zona ini, ditanam berbagai beragam jenis tanaman pesisir sesuai dengan kegunaannya bagi lingkungan hidup. Sekaligus untuk menjadikan Ecopark sebagai sebuah kawasan yang hijau dan teduh, serta tempat pembelajaran botani lengkap yang menyenangkan. 

Beberapa Cona di Allianz Ecopark Ancol yaitu;

Zona pertama disebut Eco-Care. Di Eco-Care ini kita bisa menikmati bermacam-macam permainan edukasi yang seru dan bersifat kekeluargaan.

Di zona kedua adalah Eco-Art. Zona Eco-Art ini menawarkan berbagai pertunjukan pameran dan seni. Disini kita bisa menikmati berbagai atraksi seni sekaligus belajar.

Lalu zona ketiga disebut Eco-Nature. Eco Nature sendiri merupakan sebuah wahan yang memberikan edutainment berbagai jenis flora dan fauna yang unik. Kita bisa berbaur dengan alam yang unik dan hijau menenangkan.

Berikutnya adalah Eco-Energy. Zona ini memungkinkan kita untuk mempelajari pemanfaatan energi secara tepat. Juga anda bisa belajar mengenai pengenalan berbagai sumber energi terbaru.

Dengan mengutamakan konsep Go Green, lokasi wisata ini merupakana satu-satunya kawasan hijau yang ditumbuhi tanaman pesisir dan juga langka.

Dengan berbagai kelengkapan zona yang tersedia di ecopark ancol maka akan menjadi pilihan yang tepat bagi teman-teman yang ini menikmati wisata bersama keluarga.

Selain itu pengaman Jembatan sendiri (Situ Gunung Suspension Bridge), telah dipasangi jaring kawat  dengan ukuran 4 mm dengan tinggi 120 meter, sebagai bentuk kepedulian terhadap keamanan pengunjung.

Please rate this

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
id_IDIndonesian en_USEnglish